PEMBINAAN KINERJA ASN

Pembinaan Kinerja Aparatur Sipil Negara oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Blitar di MTsN 2 Kota Blitar (6/8). Kegiatan ini dilaksanakan di aula MTsN 2 Kota Blitar.
Plt. Kepala Kankemenag Kota Blitar (KH. Muslih, S.Pd, MA), Plt. Kasubag TU (H. M. Khanzul Fathon, M.Pd), Kasi Penma ( H. Habiburrahman, M.Ag), Penyelenggara Syariah (Purnomo, M. Hi), Pengawas (Mohjidin, S.Pd. M.Pd), kepala MTsN 2 Kota Blitar (Drs. H. Ahmad Mukromin, M.Pd), seluruh guru dan pegawai MTsN 2 Kota Blitar hadir dalam acara ini.
Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Kementerian Agama, dan Hymne Madrasah untuk memupuk rasa patriotisme dan sebagai penyemangat berkegiatan. Binti Robiah Umi Asfi Hanik, M.Pd, selaku pembawa acara, mengajak seluruh peserta membaca surat Al-Fatihah sebagai pembuka kegiatan.
Sebelum pembinaan, Drs. H. Ahmad Mukromin, kepala MTsN 2 Kota Blitar memberikan sambutan agar semua peserta semangat dalam mengikuti kegiatan. “Tujuan dari kegiatan ini adalah و توا صوا بالحق و توا صوا بالصبر. Yaitu untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran. Oleh karena itu mari kita simak dengan baik pembinaan yang akan disampaikan oleh Bapak KH. Muslih, supaya kinerja yang kita lakukan lebih efektif dan optimal”, ucapnya.
Plt Kepala Kankemenag Kota Blitar, KH. Muslih, S.Pd, MA menyampaikan tentang UU Nomor 5 Tahun 2014, khususnya tentang hak dan kewajiban ASN. Setiap bulan hak-hak ASN telah terpenuhi, mulai dari gaji, tunjangan, dan lain-lain, maka ASN harus mengimbangi dengan melakukan kewajibannya secara maksimal.
Dalam pembinaan ini, KH. Muslih menekankan akan pentingnya keikhlasan. Karena peserta pembinaan berkecimpung dalam pengabdian diri di bidang pendidikan. “Siapa yang berupaya menyebarkan ilmu Allah, akan diberi kemuliaan. Bersyukurlah karena Bapak/Ibu ditakdirkan menjadi guru. Jalani dengan sebaik-baiknya. Jika kita sudah melakukan yang terbaik, Allah pasti akan memberikan balasan terbaik pula. Karena Allah Maha Adil”
Selain itu, KH. Muslih juga menyampaikan tentang pentingnya disiplin waktu. “Di zaman serba online ini, banyak saya amati pegawai ASN nyambi menjadi blantik saat kerja, ada yang jualan mobil online, baju online, dll. Kalau itu dilakukan saat jam kerja, haram hukumnya. Karena itu sama dengan ghosob waktu. Bapak/Ibu harus disiplin, waktunya kerja ya maksimalkan untuk pekerjaan. Apalagi Bapak/Ibu mengabdi di bidang pendidikan. Yang ikhlas merumat anak-anak bangsa, agar mereka mendapatkan ilmu manfaat. Tenang saja, Allah akan memberikan rezeki dari banyak jalan.”
Beliau menceritakan sejarah berdirinya Kementerian Agama. Bahwa Kementerian Agama didirikan oleh para masyayikh, para ulama, ada banyak berkah di dalamnya. Tugas ASN Kemenag hari ini adalah melanjutkan perjuangan. Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *