7 Amalan Bikin Sukses MTsN 2 Kota Blitar

Bertempat di kantor kepala MTsN 2 Kota Blitar, Drs. H. Ahmad Mukromin, kepala MTsN 2 Kota Blitar bersama para wakil kepala (waka) memberikan pembinaan kepada 5 CPNS yang telah resmi dilantik menjadi PNS pada Kamis, 30 Juli 2020.
Drs. H. Ahmad Mukromin memberikan ucapan selamat kepada para PNS baru karena telah resmi menjadi keluarga besar MTsN 2 Kota Blitar.
Beliau mengingatkan tentang 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia yang harus dimiliki oleh setiap warga/pegawai kemenag, yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan.
Setiap uraian nilai budaya kerja disertai dengan kisah-kisah para Nabi dan orang sholeh. Hingga menggugah motivasi PNS baru agar dapat lebih semangat dan totalitas dalam menjalankan perannya.
Nabi Nuh a.s. dijadikan salah satu contoh pribadi yang memiliki integritas. Meskipun Nabi Nuh tinggal di daerah dataran tinggi dan di tengah musim panas, tapi Nabi Nuh tetap menjalankan perintah Allah Ketika diberi amanat untuk membuat perahu. Walau mayoritas lingkungannya mencemooh, tapi Nabi Nuh tetap teguh pada pendirian menjalankan peran hidupnya.
Orang berintegritas adalah orang yang memiliki prinsip hidup, tidak mudah dipengaruhi lingkungan.
“Akan ada suatu titik, di mana orang lain berusaha memadamkan api semangat kita. Bapak/ibu harus kuat dan punya prinsip. Jangan mudah hanyut pada lingkungan yang buruk”, ucap Drs. H. Ahmad Mukromin.
Beliau juga mengingatkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.
“Dalam pandangan masyarakat, kita adalah guru madrasah. Tidak peduli apakah itu guru matematika, guru seni, dll. Yang mereka tahu, guru madrasah tentu bisa mengaji, memimpin sholat jama’ah, tahlil, dll. Maka Bapak/ibu harus menjadi teladan berakhlakul Karimah di masyarakat, menjaga nama baik almamater dan Kementerian Agama.
Dulu sekolah madrasah banyak dipandang sebelah mata. Tapi kini sekolah madrasah menjadi pilihan utama masyarakat. Siswa/i MTsN 2 Kota Blitar banyak prestasi luar biasa. Selain karena bimbingan yang diberikan pada mereka, bapak/ibu guru juga melakukan ikhtiar batin agar siswa/i diberikan ilmu yang manfaat dan berkah. Ada tujuh amalan yang selalu kami lakukan di MTsN 2 Kota Blitar agar sukses di dunia dan akhirat.
1. Sholat tahajud
2. Sholat subuh berjama’ah
3. Sholat dhuha
4. Sodaqoh setiap hari semampunya
5. Daimul wudhu
6. Membaca Al-Qur’an di awal hari sebelum memikirkan urusan dunia
7. Banyak beristighfar
Bapak/Ibu telah diberi amanat untuk menjalankan tugas di MTsN 2 Kota Blitar. Jalanilah dengan sepenuh hati, berikan yang terbaik, dan tanggung jawab. Yakinlah bahwa MTsN 2 Kota Blitar adalah ladang pengabdian terbaik untuk Bapak/Ibu. Karena Allah memberikan kebutuhan kita, bukan keinginan”, dengan penuh antusias, Drs. H. Ahmad Mukromin memberi motivasi bagi PNS baru.
Kegiatan pembinaan itu dilanjutkan oleh kepala TU MTsN 2 Kota Blitar, Nur Rofiah, serta disambung motivasi dari waka kurikulum, waka humas, dan waka kesiswaan.
“Terimakasih atas bimbingan dan kesempatan belajar selama satu tahun masa uji coba kami. Hingga hari ini kami dinyatakan lulus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik semampu kami untuk MTsN 2 Kota Blitar. Kami mohon arahan dan bimbingan dari Bapak/Ibu semua”, lima PNS baru memberikan kesanggupan. Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *