Rangkaian Gebyar Olimpiade Prestasi Belajar MTsN 2 Kota Blitar

MTsN 2 Kota Blitar kembali melaksanakan Gelar di awal tahun 2023 ini. Setiap tahun agenda madrasah ini dilaksanakan. Tahun ini merupakan rangkaian Gelar ke-6 terlaksana. Gelar itu sendiri merupakan ajang untuk menggali potensi-potensi siswa tingkat SD/MI dengan diadakannya sebuah kompetisi atau perlombaan. Gebyar Olimpiade Prestasi Pelajar  ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi tingkat SD/MI Se-Blitar Raya. 

Gebyar Olimpiade Prestasi Belajar atau biasa familiar disebut dengan Gelar, dilaksanakan pada 7 Januari 2023 dan 9 Januari bertempat langsung di MTsN 2 Kota Blitar. Gelar tahun ini tidak kalah meriah dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan bisa dikatakan lebih berwarna. Gelar tahun 2023 ini diikuti oleh 711 peserta dari SD/MI Se-Blitar Raya dalam sembilan cabang perlombaan. Cabang perlombaan Gelar ke-6 di antaranya, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, solo vocal, kaligrafi, MTQ, Tahfidz, olimpiade MIPA, dan tenis meja. 

Rangkaian Gelar ke-6 MTsN 2 Kota Blitar mulai dilaksanakan pada Sabtu, 7 Januari 2023 dengan digelarnya perlombaan olimpiade MIPA dan tenis meja. Pada cabang lomba Olimpiade MIPA dilaksanakan babak penyisihan dengan menyaring 20 peserta yang terpilih dan maju babak final pada Senin, 9 Januari 2023. Pada cabang lomba tenis meja telah dilaksanakan sampai tuntas hingga menuju babak final pada  7 Januari 2023. Cabang perlombaan yang lainnya dilaksanakan serentak pada Senin, 9 Januari 2023. 

Pembukaan Gelar ke-6 dibuka langsung oleh Kepala MTsN 2 Kota Blitar, KH. Muzaini, M.Ag. Pada sambutannya, beliau mengatakan bahwa ajang Gelar ke-6 ini merupakan sebuah  wadah untuk memberikan kesempatan anak-anak menunjukkan bakat dan minat mereka. Peserta yang mendapat juara pada semua cabang lomba Gelar ke-6 mendapatkan kesempatan emas untuk langsung menjadi siswa-siswi MTsN 2 Kota Blitar. Selain mendapatkan golden ticket, para juara mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan untuk juara 1, 2, dan 3 dari setiap cabang perlombaan. 

Pada puncak pelaksanaan Gelar ke-6 pun dilaksanakan bazar oleh seluruh warga madrasah. Mulai dari perwakilan guru dan karyawan, perwakilan kelas unggulan, dan perwakilan dari beberapa ekstrakurikuler madrasah.  Hingga sampai pada acara penutupan Gelar ke-6 yang ditutup langsung oleh Kasubag TU Kemenag Kota Blitar yakni KH. M. Baidowi, M.Ag. Selain kejuaran setiap kategori perlombaan, sekolah atau madrasah yang mendapat kejuaran terbanyak berhak membawa pulang piala bergilir. 

Hingga diumumkannya juara umum Gelar ke-6 MTsN 2 Kota Blitar diraih oleh MI Perwanida Kota Blitar yang berhasil membawa pulang piala tetap kepala MTsN 2 Kota Blitar, piala bergilir Kepala Kankemenag Kota Blitar. Nantinya jika sekolah atau madrasah mendapatkan kejuaran tiga kali berturut-turut akan mendapatkan gelar juara umum dan berhak membawa pulang piala bergilir Walikota Blitar dan piala bergilir DPRD Kota Blitar. 

Semoga pengalaman yang didapat dari Gebyar Olimpiade Prestasi Pelajar Tahun 2023 MTsN 2 Kota Blitar ini dapat memberikan banyak manfaat. Sampai jumpa pula pada Gelar tahun 2024 nanti, aamiin aamiin ya rabbal alamin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *